Posted by download software gratis on Saturday, September 21, 2013
Kali Ini Ane akan Menjelaskan sedikit tentang Cara Pembuatan Absensi Menggunakan Ms Excel 2007
Pengertian Absensi
Absensi adalah daftar administrasi ketidak hadiran
pegawai/Karyawan/siswa. Dimana pegawai/Karyawan/siswa yang tidak hadir
akan tercatat di daftar abensi dan kapan saja bisa di cek oleh
atasan/Pimpinan /Guru
Langkah-Langkah Pembuatannya Adalah
- Buka Lembar kerja Microsoft Excel
- Pada Lembar Kerja Microsoft Excel Pilih menu Insert kemudian click Wordart dan pilih model tulisan yang ingin kalian gunakan Maka Akan Muncul tulisan Your Text Here
- Ganti Tulisan Your Text Here Menjadi ABSENSI
- Pada Sel A7 ketikan NOMOR, Sel B7 ketikan NAMA, sel C7 ketikan NIM, Sel D7 Ketikan TANGGAL
- Pada sel D8 ketikan 1 dan sel E8 Ketikan 2 kemudian blok sel D8 dan E8
- Kemudian Arahkan Kursor anda Pada sudut kiri bawah kilk tahan dan
geser hingga menunjukan angka 31 kemudian lepas maka secara otomatis
akan Menampilkan Angka 1 sampai dengan 31
- Block kolom D sampai kolom AH kemudian Klik kanan Pada kolom Yang telah di blok dan pilih column width…
- Kemudian isikan dengan angka 3 kemudian ok
- Pada kolom AI7 ketikan KETERANGAN
- Ketikan Pada Sel AI8 ALPA,Sel AJ8 SAKIT, Sel AK8 IZIN, Sel AL8 HADIR
- Pada kolom NOMOR kita block satu baris kebawah kemudian pada menu Home pilih Merger & Center untuk membuat Kolom NOMOR Berada Ditengah Maka Kita Klick Center Dan kemudian Clik Middle Align
- Klik pada kolom TANGGAL dan kemudian Tahan Dan geser sampai pada kolom AH7 seperti pada
- Kemudian pilih menu home lalu klick Merge & Center akan muncul tampilan seperti berikut
- Pada kolom keterangan Lakukan Hal Yang sama Dengan Cara Klick Merge & Center
- Pada Kolom NOMOR klick Kanan Kemudian Pilih Format Cells…
- Pada Tamiplan Format Cels.. pilih Tab Alignment kemudian pada horizontal pilih center dan pada vertical pilih center pada orientation ketikan angka 90 kemudian ok
- pada sel A9 ketkan 1 dan A10 ketikan 2 kemudian blok angka 1 dan 2
- arahkan kursor pada sudut kiribawah pada angka 2 kemudian klik tahan dan geser hingga menunjukan angka 5 kemudian lepas
- isikan nama pada kolom NAMA dan isikan nim pada kolom NIM Seperti Pada Gambar Dibawah ini
|
Add caption |
- Pada Langkah selanjutnya Kita akan Menggunakan Condintional Formating
Untuk Membuat warna Pada saat Kita memasukkan Data contoh Apabila kita
memasukkan huruf Pada lembar absen dengan huruf a maka secara otomatis
akan berubah warna menjadi merah dengan cara blok daerah tempat kita
akan mengisi absen
- pilih Menu home kemudian klik Conditional formatting lalu pilih manage rules
- Pada tampilan conditional formatting rules manager pilih New rule
- Pada tampilan New Formating Rule pilih format Only cels that contain pada cels Value pilih specific text Kemudian pada textkosong sebelah kanan ketika huruf a
- Kemudian klick format kemudian pilih tab fill dan pilih warna menjadi merah kemudian ok
- Kemudian pilih lagi new rule dan kemudian pilih format Only cels
that contain pada cels Value pilih specific text dan isikan i pada text
kosong
- Pilih format kemudian pilih tab Fill Dan pilih warna menjadi hijau kemudian oke
- Kemudian pilih lagi new rule dan kemudian pilih format Only cels
that contain pada cels Value pilih specific text dan isikan s pada text
kosong kemudian pilih format dan pilih tab fill pilih warna biru
kemudian oke
- Kemudian pilih lagi new rule dan kemudian pilih format Only cels
that contain pada cels Value pilih specific textdan isikan h pada text
kosong kemudian pilih format dan pilih tab fill pilih warna kuning
kemudian oke
- Kemudian pilih oke untuk membuktikan apakah proses yang kita buat
sudah benar kita masukan huruf a pada kolom tempat kita akan mengisikan
absen maka secara otomatis akan berubah warna menjadi merah begitu juga
dengan I akan berubah menjadi hijau, s akan berubah warna menjadi biru ,
h akan berubah warna menjadi kuning
- Sekarang kita akan membuat perhitungan kehadiran secara otomatis dengan menggunakan rumus COUNTIF
Klick Pada sel AI9 atau kolom ALPA kemudian Ketikan
Rumus =COUNTIF(D9:AH9;"a")
Maka secara otomatis akan menghitung jumlah ALPA
Klick Pada sel AJ9 atau kolom SAKIT kemudian Ketikan
Rumus =COUNTIF(D9:AH9;"s") lalu enter
Klick Pada sel AK9 atau kolom IZIN kemudian Ketikan
Rumus =COUNTIF(D9:AH9;"i") lalu enter
Klick Pada sel AL9 atau kolom HADIR kemudian Ketikan
Rumus =COUNTIF(D9:AH9;"h") lalu enter
Pada Kolom total Kita Masukkan Rumus SUM Pada Kolom Alpa, Sakit, Izin, Hadir
Klick pada sel AI9 kemudian pada sudut kanan bawak Klick Tahan Trus
geser sampai kebawah atau nomor terakhir lalu lepas maka akan secara
otomatis kolom-kolom dibawah akan terisi rumus.
Hasilnya Seperti Gambar Dibawah ini
|
Add caption | | | | | | | | | | | | |